Tips Memiliki Kesehatan Mental yang Prima

Tubuh anda fit, tetapi sebagian dari pikiran anda tidak. Kesehatan mental yang buruk akan menyebabkan banyak masalah. Bukanlah perkara yang sulit untuk meningkatkan kesehatan mental dan persiapkan diri anda untuk meningkatkannya. Ingat, semuanya dimulai dari dalam diri anda :).

Langkah 1


Lakukan hobi atau aktivitas kesukaan anda untuk mengekspresikan emosi dan dan pikiran. Sebagai contoh, tubuh membutuhkan aktivitas dan sarana untuk menyalurkan energi. Hal ini merupakan salah satu dari keterampilan untuk menjalani kehidupan. Cintai tubuh anda, sebagaimana hal ini merupakan hal sangat berharga.

Langkah 2


Meningkatkan hubungan sosial dengan teman dan saudara, akan memberi banyak kehangatan dan cinta kepada orang-orang terdekat. Jangan membual atau narsis (sebisa mungkin setujui preferensi orang lain melalui preferensi anda sendiri, yaitu: memberi mereka pilihan, tidak memaksa)

Langkah 3


Jalin kembali pertemanan anda yang telah lama tidak terjalin, atau mulai membuat persahabatan dengan teman – teman baru untuk memberi kekuatan positif pada pikiran. Memiliki dukungan yang baik dari keluarga dan teman – teman merupakan bagian dari keterampilan mengatasi kehidupan.

Langkah 4


Tantang diri anda sekali-kali. Carilah pekerjaan yang bermakna untuk meningkatkan kepercayaan diri. Sebuah karir yang bagus akan memotivasi anda secara emosional. Namun, jka pekerjaan yang anda miliki belum tebtu preferensi dengan karir utama anda, atau bahkan sesuatu yang tidak anda sukai, anda masih bisa mengatasinya. Belajarlah untuk mencintai diri sendiri. Kepuasan dalam karier harus datang dari diri sendiri dan bukan dari orang lain.

Langkah 5


Liputi hari anda dengan kebahagiaan. Mendekorasi ulang rumah atau membuat taman. Putar beberapa playlist musik kesukaan anda. Lakukanlah hal yang membuat anda merasa santai dan damai. Hal ini akan membantu anda menimbulkan kebahagiaan dalam diri sendiri.

Langkah 6


Ingatlah bahwa, selama anda mengisi pikiran dengan “makanan mental”, efeknya akan mengalami sedikit kebosanan dan konflik batin. Kebosanan dan konflik perkawinan merupakan gejala “kelaparan” jwa.

Langkah 7


Pastikan untuk mengidentifikasi masalah apapun yang saat ini anda alami seperti kecemasan, serangan panik atau gangguan lainnya. Identifikasi hal tersebut dan akuilah bahwa anda memilikinya. Hanya dengan identifikasi sederhana tersebut, anda dapat mencari pengobatan untuk meningkatkan kesehatan mental.

Langkah 8


Patikan anda mengkonsumsi vitamin dan mineral setiap hari. Lakukan pola makan sehat yang mengandung omega 3, vitamin E & C, dan khusus Antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Tips

– Jaga kamar anda untuk selalu rapi, dan anda akan merasa lebih bahagia.

– Cobalah untuk berpikir sebelum berbicara. Katakanlah hanya hal-hal positif.

– Kemarahan adalah emosi sekunder. Jika anda marah tentang sesuatu hal, ada alasan utama yang mendasarinya.

– Jangan biarkan aktivitas kegemaran membuat anda mengorbankan waktu yang penting. Seperti saat anda melakukan hobi golf tetapi anda bermain golf sepanjang waktu dengan mengorbankan waktu yang penting.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s