Kemenangan Kesembilan Kali Rafael Nadal di Roland Garros

rafael nadal roland garros 2014
Di era modern olahraga tenis professional, jika kita membicarakan tentang Perancis Terbuka, maka salah satu nama besar yang langsung terlintas tak lain adalah Rafael Nadal. Petenis peringkat satu dunia yang memiliki nama lengkap Rafael Nadal Parera ini terlahir di Manacor, Mallorca, Spanyol, dari pasangan Sebastian Nadal dan Ana Maria Parera.
Bagaimana tidak, petenis kidal pemuncak daftar peringkat ATP ini berhasil meraih gelar grand slam Perancis Terbuka kesembilan kali dalam sepuluh tahun keikutsertaanya di lapangan tanah liat Roland Garros dengan menundukkan lawan terberatnya, Novak Djokovic, dengan skor 3-6, 7-5, 6-2, 6-4 pada Minggu (8/6/2014).

Ia juga menjadi orang pertama yang memenangi lima gelar juara Roland Garros secara beruntun, sekaligus memperpanjang rekornya di turnamen tanah merah ini menjadi 66 kemenangan berbanding dengan satu kekalahan. Sungguh pencapaian yang luarbiasa dan pasti sulit untuk ditandingi.

Dengan kesuksesannya, petenis berusia 28 tahun ini total telah meraih 14 gelar grand slam yang meliputi; Australia Terbuka 2009, Perancis Terbuka 2005, 2006, 2007, 2008, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014, Wimbledon 2008, 2010, dan Amerika Terbuka 2010, 2013. Iapun telah menyamai pencapaian petenis Amerika, Pete Sampras, dan membawa dirinya semakin dekat dengan rekor 17 grand slam yang saat ini di pegang oleh maestro tenis asal Swiss, Roger Federer, yang kini berusia hampir lima tahun lebih tua darinya.

Prestasinya mengagumkan ini tak lepas dari proses panjang, latihan, kerja keras dan didikan tanpa kompromi dari pelatihnya yang juga pamannya sendiri, Toni Nadal. Walaupun Rafael Nadal terkenal bermain dengan tangan kiri, namun sebenarnya ia tidak kidal. Semua berawal saat ia masih kecil, Uncle Toni memutuskan bahwa dengan backhand dua-tangan, Nadal akan diuntungkan karena lengan kanannya yang kuat, Seiring dominasi, determinasi dan prestasinya yang kian menanjak, brand-brand raksasa dari industri dunia olahraga seperti Nike, Head, Babolat, hingga produsen otomotif Kia pun rela menggelontorkan jutaan dollar untuk menjadi sponsor utamanya.

Namun dunia tennis sangat terkenal dengan persaingan sengit antar para atlet dan ketatnya jadwal antar turnamen. Hal inilah yang seringkali menjadi penyebab utama cederanya bintang-bintang tenis, termasuk Rafael Nadal. Selama karirnya, Nadal beberapa kali di bekap cedera dan harus menjalani operasi yang memaksanya mundur dari berbagai turnamen demi pemulihan. Namun begitu ia kembali lagi bertanding ke lapangan, energi, semangat dan tekad yang telah membentuknya menjadi salah satu petenis paling berbakat didunia tak pernah hilang. Dan kini, dengan sembilan kemenangannya di Roland Garros telah membuktikan bahwa dirinya memang pantas di sebut sebagai raja lapangan tanah liat. Vamos Rafa! (Dims).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s