Tips agar tetap sehat di tempat kerja

Tempat kerja bisa menjadi lingkungan yang stres, dan seringkali sulit untuk mempertahankan gaya hidup sehat ketika mengerjakan pekerjaan. Jika anda lebih banyak menyempatkan waktu di kantin daripada menyantap salad, artikel ini akan menawarkan beberapa tips untuk membantu anda kembali ke jalur yang benar:).


1. Bangun pagi-pagi dan pergilah sejenak untuk joging sebelum memulai aktivitas kerja. Jangan membawa iPod, sebagai gantinya cobalah untuk melihat dan benar-benar merasakan matahari terbit. Pilih tempat yang berbeda untuk joging setiap harinya, seperti di pantai pada hari senin, taman di hari selasa, dan seterusnya. Rasakan udara segar dan gunakan suasana tersebut untuk menjernihkan pikiran dan bersantai sebelum menuju ke kantor.


2. Nikmati sarapan bergizi. Oatmeal, sereal, sepotong roti panggang gandum, buah segar, dan yoghurt adalah pilihan yang sehat. Ganti menu pagi hari seperti kopi dengan minum jus jeruk, susu skim, air putih dll.


3. Hindari untuk meminum kopi saat bekerja. Air putih adalah pilihan yang tepat, karena dapat menghilangkan racun dari tubuh anda tanpa mengambil kalori tambahan yang diserap tubuh. Menjaga diri tetap terhedridasi dapat menjaga otak Anda dehidrasi juga, yang menghasilkan pemikiran yang lebih jelas dan kemampuan memecahkan masalah yang lebih baik.


4. Konsumsi cemilan rendah kalori jika anda merasa lapar sebelum jam makan siang tiba. Hindari memakan cemilan seperti donat; sebaliknya, cobalah sekantong pretzel (sejenis kue yang berbentuk simpul atau belitan). Pretzel akan membuat anda merasa kenyang tanpa rasa bersalah.


5. Jika anda dihadapkan dengan situasi deadline dan target yang menakan, cobalah untuk istirahat sejenak, mencuci muka dengan air dingin, meregangan tubuh anda dan ambil napas dalam-dalam. Masuknya oksigen ke tubuh anda akan membantu meningkatkan fokus dan produktivitas di tempat kerja.


6. Cobalah untuk makan siang dengan menu-menu seperti beras merah (dengan wortel, kubis, brokoli, kacang polong hijau dan saus dibumbui) dan ayam panggang dimasak dengan cara yang lezat dan sehat. Beras merah mengandung serat makanan tambahan dan ayam merupakan daging yang mengandung banyak protein dan tanpa lemak.


7. Hindari soda dan jus manis setiap saat. Lalu apa yang harus saya minum, Anda mungkin bertanya? Jawabannya adalah sesuatu yang akan meningkatkan metabolisme Anda dan juga tidak meningkatkan kalori Anda, seperti teh hijau. Rasa terserah Anda! bisa rasa mint, lemon, jeruk, kayu manis atau apapun yang anda inginkan.


8. Minum banyak air putih dan hindari merokok.


9. Hanya 2 jam lagi untuk pulang dan Anda lapar lagi? cobalah konsumsi apel dengan segelas air hangat.


10. Cobalah sebanyak mungkin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran saat di tempat kkerja dan hindari junk food, makanan ringan, kopi, soda dll.


11. Berjalan jalan sejenak saat waktu istirahat tiba.


12. Jika sudah waktunya untuk pulang dan Anda telah mengikuti langkah-langkah ini, pertimbangkan misi “Hari sehat di Kantor” telah tercapai. Selamat mencoba:)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s